WHAT'S NEW?
Loading...

KEUTAMAN SHOLAT TERAWIH


Alhamdulillah...siang ini penulis akan membagikan sebuah artikel yang berkaitan dengan ibadah sunnah Sholat Tarawih, fakta menariknya Sholat Tarawih di malam Ramadhan ke-1 s/d malam ke-30 memiliki khasiat tersendiri bagi kita untuk kepentingan ukhrowih, penasaran bukan, yuk kita simak terlebih dahulu apa sih Sholat Tarawih itu?

Sholat Tarawih yaitu sholat sunnah yang dikerjakan pada malam bulan Ramadhan, sholat Tarawih hukumnya Sunnah Muakad, artinya boleh dikerjakan sendiri ataupun ber jama'ah. Sholat Tarawih sendiri dikerjakan setelah sholat isya' hingga waktu sholat shubuh.

Di zaman Rosullullah SAW sholat Tarawih dikerjakan sebanyak 8 rokaat. Hal ini dikarenakan agar tidak menimbulkan sesuatu keberatan. Selain itu Rosullullah SAW juga tidak memberatkan sholat ini untuk dituntaikan di masjid karena mau para sahabat berfikiran bahwa sholat ini sholat wajib.

Sedangkan pada Khalifah Umar bin Khattab beliau menambah lagi pelaksaaan sholat Tarawih menjadi 20 rokaat ditambah 3 rokaat sholat witir. Karena beliau berpendapat bahwa umat muslim pada zaman itu sudah tidak keberatan lagi melaksanakan sholat dengan rokaat sebanyak itu. Umumnya masyarakat Islam di Indonesia dan Malaysia melaksanakan sholat Tarawih dengan 20 roka'at dan ditambah 3 roka'at sholat Witir.

Keutamaan Sholat Tarawih?

Keutamaan sholat Tarawih di Bulan Ramadhan dibagi menjadi 3 fase yaitu:
  1. 10 hari pertama bulan Ramadhan disebut Malam Rahmat
  2. 10 hari kedua bulan Ramadhan disebut Maghfiroh
  3. 10 hari ketiga bulan Ramadhan disebut Itsfunminannar
Berikut makna setiap hari ke hari kita sholat, dalam jangkauan 3 fase diatas,

10 Hari Pertama bulan Ramadhan (Malam Rahmat)


10 hari kedua bulan Ramadhan (Maghfiro)

10 hari ketiga bulan Ramadhan (Itsfunminannar)

Itulah beberapa informasi yang dapat saya bagikan mengenai Keutamaan Sholat Tarawih. Semoga kita dapat mengerjakan semua amalan ibadah Puasa Ramadhan dengan niat ikhlas dan mengharap ridho HANYA dari Allah SWT. Amiin.




sumber: www.islamindah11.blogspot.co.id

0 komentar:

Post a Comment